Jumat, 27 April 2012


Hutang vs Sedekah





Bersedekah merupakan amal perbuatan yang sangat dianjurkan dan disukai oleh Allah Swt. Ia adalah bentuk perbuatan ihsan yang akan mendatangkan ganjaran dunia dan akhirat selama dilakukan dengan ikhlas karena Allah, diberikan pada pihak yang memang pantas untuk menerimanya, serta tidak mendatangkan mudharat bagi pemberinya.

Namun kalau ditanya mana yang lebih utama antara membayar hutang dan memberi sedekah, tentu saja membayar hutang, terutama yang jatuh tempo lebih utama. Sebab hutang adalah kewajiban yang harus ditunaikan, sementara memberikan sedekah hukumnya sunnah. Maka yang wajib harus didahulukan daripada yang sunnah. Terkecuali jika pemberian sedekah tadi tidak mengganggu pembayaran hutangnya.

Misal, Kita punya utang Rp 10 juta.
- Kita dapat uang Rp 1 juta. Terus, alokasinya seperti apa?
- Pertama, Rp 900 ribu untuk menyicil utang.
- Kedua, Rp 100 ribu untuk sedekah.
- Mengapa membayar utang lebih diutamakan? Karena membayar utang itu wajib, sedangkan sedekah itu sunnah.
- Mengapa tetap disisihkan untuk sedekah? Supaya sedekahnya dibalas berlipatgkita dan dimudahkan melunasi utang.
- Coba bayangkan, kita-lah si pemilik piutang. Begitu tahu si pemilik utang dapat uang Rp 1 juta dan si pemilik utang menyedekahkan seluruhnya, tentulah Kita kesal. Pun Yang Maha Adil telah menetapkan bahwa utang itu wajib dan sedekah itu sunnah.

Lantas, gimana kalau utangnya sangat besar?
- Misal, Kita berutang Rp 1 miliar ke bank.
- Kita dapat uang Rp 1 juta. Terus, alokasinya seperti apa?
- Berhubung uang ini tidak memadai untuk membayar dan menyicil utang, maka sedekahkan saja Rp 1 juta tersebut. Supaya sedekahnya dibalas berlipatganda dan dimudahkan melunasi utang.
- Kecuali, memang telah disepakati bahwa bayaran dan cicilan bulanan Kita adalah Rp 1 juta atau sekitar itu.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar...

    BalasHapus